Input Device Pada Komputer

Secara fisik komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
  1. Input divice (unit masukan)
  2. Process device (unit Pemrosesan)
  3. Output device (unit keluaran)
  4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
  5. Periferal ( unit tambahan)
Input Device merupakan komponen hardware yang paling banyak macamnya. Fungsi Perangkat Komputer Input ini pada dasarnya adalah sebagai pembaca data (input) yang selanjutnya akan dikirim untuk diproses oleh Central Processing Unit (Processor).

Contoh perangkat keras komputer Input Device :
  • Keyboard

Keyboard merupakan input device yang wajib ada. Keyboard atau papan ketik berfungsi untuk memasukkan huruf, angka, karakter khusus lainnya dan melakukan perintah-perintah seperti menyimpan dan membuka file. Jenis Keyboard bisa dibedakan berdasarkan jenis port / colokan yang digunakan, yaitu jenis PS2, USB atau Wireless.
    • Mouse
      Mouse berfungsi sebagai alat untuk menunjuk dan memilih object di layar, memberikan perintah dengan cara mengklik, double klik dan men-drag (menyeret) item-item yang kita pilih. Saat ini Mouse dengan sensor optic telah menggeser mouse jaman dulu yang menggunakan bola untuk menggerakkan sensornya. Sama seperti halnya keyboard, jenis mouse juga bisa dibedakan berdasarkan colokan / port yang digunakan yaitu, PS2, USB dan Wireless.
      •   TouchPad
        Touchpad termasuk input perangkat keras komputer yang biasa kita temukan pada laptop atau notebook, berfungsi seperti mouse tetapi dengan menggunakan sentuhan jari untuk menggerakkannya. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball. 
        • Ligh Pen

          Light Pen merupakan salah satu input device dari sistem komputer yang banyak digunakan untuk keperluan menggambar teknis ataupun grafis. Light Pen bentuknya mirip bolpoin yang sensitif terhadap cahaya dan digunakan bersama dengan komputer TV CRT atau monitor. Dengan menyentuhkan ujung Light Pen pada monitor, maka komputer bisa mengetahui posisi titik mana yang tersentuh oleh Light Pen.
          • Touch Screen
            Touchscreen atau Layar sentuh adalah layar tampilan komputer yang juga berfungsi sebagai perangkat input. Layar ini bersifat sensitif terhadap tekanan, pengguna berinteraksi dengan komputer dengan menyentuh gambar atau katakata yang berada di layar dengan jari tangan. Touchscreen juga dapat merasakan objek pasif lainnya, seperti stylus. Touchscreens dapat kita jumpai pada perangkat seperti konsol game, komputer tablet, dan smartphone.
            • Scanner
              Scanner berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data berupa gambar/foto. Kita lihat prinsip kerjanya sama seperti mesin photocopy, tetapi output yang dihasilkan biasanya akan disimpan kedalam bentuk file. Ada juga yang disebut sebagai barcode scanner, seperti yang biasa kita lihat di kasir minimarket yang berfungsi untuk menscan barcode pada kemasan yang menunjukkan identitas barang tersebut.
              • WebCame
                WebCam (singkatan dari web camera ) merupakan jenis kamera yang ditujukan untuk kebutuhan layanan berbasis web, seperti program instant messaging Yahoo Messenger , AOL Instant Messenger (AIM), Windows Live Messenger dan Skype. WebCam juga bisa digunakan juga untuk mengambil gambar dan mengedit gambar di komputer, memonitor keadaan sekeliling kantor/ rumah dan Interactive video game.

                  0 komentar:

                  Poskan Komentar